Welcome

Welcome

Minggu, 20 Juli 2014

GENRE PADA FANFICTION




Walaupun saya tidak terlalu mengerti tentang ini tapi setidaknya tahu sedikitlah*saya juga masih pemula*

*sekedar info : Genre adalah Gaya atau aliran penulis dalam menuliskan FF nya, bisa juga di bilang emosi atau adegan yang terkandung dalam FF tersebut.

Ada beberapa genre yang biasanya banyak di pakai seperti Romance, fantasy, friendship dll.. tapi ada juga yang jarang di pergunakan, rata-rata disebabkan oleh bahasa, tindakan dalam FF tersebut kurang pantas atau gimanalah ~ misalnya Crime, Yadong, Yaoi dll.

Langsung aja deh ini dia beberapa Genre di FF *yang saya tahu*


Drama: genre yang mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam cerita./kadang-kadang macam cerita sinentron/

Adventure: FF yang menggambarkan kejadian-kajadian yang terjadi dalam sebuah petualangan.

 Parody: hampir sama dengan humor, bedanya unsur lucunya terletak diakhir cerita dan tidak disangka oleh kita. 
Parody biasanya digunakan untuk menyindir karakter, plot, bahkan realita yang terjadi dalam kehidupan

 Supernatural: bercerita mengenai kemampuan yang diluar batas manusia biasa. Seperti sixth sense (indra keenam).

Sci-fi: kependekan dari “science-fiction”. Sebuah fiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti Science dan IPTEK.

 Fantasy: fanfict yang mana author menciptakan sendiri dunianya, sebuah alternative dunia yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atauh hal-hal supranatural. Contoh: dongeng-dongeng atau cerita penyihir


 Family: berkisar mengenai masalah yang terjadi dalam kehidupan keluarga.
  Hurt/Comfort: FF dimana satu karakter dirugikan (baik secara fisik maupun emosional) dan karakter lainnya harus menyelamatkan karakter yang terluka tersebut, sehingga mereka merasa lebih baik.
  Life : Aliran ini biasanya diangkat dari kehidupan, seperti marrigelife, school life dll
Fluff : FF yang sedikit, gak terlalu bermakna tapi berupa kisah sugar-sweet yang kadar romance nya di atas FF beraliran romantic lainnya./ dari awal ape akhir bawaannya pengen senyum/


 Tragedy : Ada beberapa yang beranggapan angst sama dengan tragedy tapi kalau menurut saya, tragedy itu lebih ke suatu kejadian di alur cerita di mana si tokoh ini mengelama suatu kecelakaan yang menimbulkan kesan sedih tersebut.
  Mystery : Cerita ini udah jelas berisikan adegan di mana karakter utama mencari tahu tentang apa yang terjadi sebenarnya melalui clue yang di beri penulis. Biasanya cerita detektif atau semacam mata-mata.
  Action : Aliran ini biasanya menceritakan aksi sang tokoh melawan sesuatu, menghadapi sesuatu atau menjawab sebuah tantangan.
Horror : Cerita yang membawa emosi takut pada pembaca atau karakter/tokoh itu sendiri. Biasanya berupa ketakutan pada hantu, dan psikopat.
 Crime: berpusat pada hal-hal yang dianggap criminal (kejahatan)
Angst: FF yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik dan mental. Biasanya berakhir sad ending.
 Thriller : Untuk jenis ini lebih focus pada emosi para pembaca, beda dari mystery yang lebih focus pada pemecahan masalah. Biasanya adegannya di penuhi kejutan dengan alur cepat dan melibatkan ancaman fisik karakter. Beda juga dari angst yang lebih focus pada siksaan, alur ini lebih focus dengan bagaimana cara karakter melalui berbagai ancaman tersebut.

Nah sekarang jadi lebih taukan ?! jangan ragu-ragu buat pilih genre untuk karya FF mu lagi ya, jangan Romance terus hehehe...
Oh iya tulisan dia atas ada juga yang saya ambil dari blog lain contohnya dari blog http://blinggey.wordpress.com tapi bukan copas ya..  Saya tetap ngetik menggunakan bahasa sendiri, hanya saja ilmu tentang genre ff yang saya tahu diatas, berasal dari blog tersebut :)
credit by.@kpmkpm1204


Tidak ada komentar:

Posting Komentar