Welcome

Welcome

Kamis, 28 Agustus 2014

Lintas Minat Geografi : “Gejala Fisik (Gempa Bumi) berupa pertanyaan 5W+1H”


Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi bisa di sebabkan pergeseran lempeng, gunung meletus, atau pun runtuhnya gua. Contoh gempa bumi tektonik yang pernah terjadi di jogjakarta pada tanggal 27 Mei 2006 gempa tersebut berkekuatan 5,9 pada skala richter. Gempa ini menimbulkan kerusakan berat pada rumah warga dan fasilitas umum serta korban jiwa yang sangat banyak.


1.      Apa Fenomena alam atau gejala fisik yang terjadi ?
-           Gempa bumi atau getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi.
2.      Kapan peristiwa itu pernah terjadi ?
-          Gempa bumi ini bisa terjadi jika adanya pergeseran lempeng, gunung meletus, ataupun runtuhan gua. Misalnya pada tanggal 27 Mei 2006.
3.      Dimana peristiwa tersebut terjadi ?
-          Di tempat yang dekat atau berada di atas lempeng teknonik, di sekitar gunung berapi juga di wilayah yang banyak terdapat tambang yang berupa gua. Atau seperti yang di jelaskan di atas gempa bumi ini pernah terjadi di Jogjakarta.
4.      Mengapa terjadi peristiwa tersebut ?
-          Karena adanya pergeseran lempeng, gejala gunung meletus, dan runtuhnya gua. Atau menurut contoh diatas gempa ini terjadi karena peristiwa pergeseran lempeng tektonik
5.      Siapa yang menyebabkannya ?
-          Adanya 2 lempeng yang bertubrukan atau bergeser di dalam bumi, gunung berapi aktif yang akan meletus, juga sebuah gua yang berlapisakan tanah atau materian yang tidak kokoh.
6.      Bagaimanagempa itu dapat terjadi?

-          Indonesia terletak di antara pertemuan 3 lempeng tektonik yang terus bergerak. Ketiga lempeng tektonik tersebut adalah lempeng eurasia, indo-australia dan lempeng pasifik. Lempeng tersebut terus bergerak. Apabila terjadi tumbukan antarlempeng mengakibatkan gempa bumi. Peristiwa gempa bumi di Yogyakarta terjadi karena tumbukan antara lempeng indo-australia dengan lempeng eurasia. Akibat tumbukan tersebut lempeng indo-australia menunjam ke bawah lempeng eurasia di zona subduksi.

credit by : kpmwimulgie.blogspot.com|@kpmkpm0412

Tidak ada komentar:

Posting Komentar